Kunjungi Kampoeng Thengul, Siswa SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro Belajar Kearifan Lokal

Cuaca cerah menyelimuti Dusun Kedungkrambil yang terkenal sebagai Kampoeng Thengul pagi ini (19/09). Beberapa remaja dengan baju senada tampak bersiap menyambut kedatangan tamu yang akan melakukan kunjungan wisata budaya di dusun yang terletak di Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, kabupaten Bojonegoro tersebut.



Tak lama kemudian, ratusan siswa berdatangan dengan beberapa armada. Mereka adalah para siswa dari SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro.


"Hari ini para siswa melakukan kunjungan ke Kampoeng Thengul untuk belajar kearifan lokal Bojonegoro khususnya wayang thengul dan jaranan. Mereka juga akan melakukan workshop melukis wayang thengul" Papar Joko Eri Prabowo, ketua Kampoeng Thengul.



Para siswa yang terdiri dari kelas VII, VIII dan IX tersebut melakukan kegiatan pengenalan budaya yang dibagi ke dalam tiga pos berbeda di Dusun Kedungkrambil. Peserta diajak untuk mengenal sekaligus merasakan secara langsung pengalaman berinteraksi dengan para seniman dan perlengkapan pertunjukan seperti wayang thengul, jaranan hingga gamelan.


Tak hanya sampai disitu, para siswa juga diberi kesempatan untuk menuangkan kreatifitas dan imajinasi dalam karya seni pada media lukis wayang thengul dua dimensi. Hasil karya tersebut dapat dibawa pulang sebagai souvenir kegiatan.



Pengenalan kearifan lokal secara langsung dan menarik di Kampoeng Thengul diharapkan dapat meningkatkan pemahaman sekaligus kesadaran para siswa untuk melestarikan budaya asli Bojonegoro.

Share this

Latest
Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon